Sabtu, 27 Desember 2008

MENGUBAH DIRIKU SENDIRI

MENGUBAH DUNIA
DENGAN MENGUBAH DIRIKU

Sufi Bayazid bercerita tentang dirinya seperti berikut ini:


"Waktu aku masih muda, aku ini revolusioner, enerjik, visioner; dan aku selalu berdoa:
"Tuhan, berilah aku kekuatan untuk mengubah dunia!"

"Ketika aku sudah separuh baya dan sadar bahwa setengah hidupku sudah lewat tanpa mengubah satu orang pun, aku mengubah doaku menjadi:
"Tuhan, berilah aku rahmat untuk mengubah semua orang yang berhubungan denganku: keluarga dan kawan-kawanku, dan aku akan merasa puas."

"Sekarang ketika aku sudah menjadi tua dan saat kematianku sudah dekat, aku mulai melihat betapa bodohnya aku. Doaku satu-satunya sekarang adalah:
"Tuhan, berilah aku rahmat untuk mengubah diriku sendiri." Seandainya sejak semula aku berdoa begitu, maka aku tidak begitu menyia-nyiakan hidupku!'

*** Banyak orang yang ingin membuat perubahan besar dalam kehidupan manusia, namun jarang yang berpikir bagaimana mengubah dirinya sendiri. Jika setiap orang bisa merubah dirinya sendiri menjadi yang terbaik maka seluruh manusia akan mengalami perubahan besar ***

***Sesuatu yang besar berawal dari yang kecil, demikian pula perubahan besar berawal dari perubahan kecil ***

Tidak ada komentar: