Senin, 08 September 2008

Amalan Amalan di Ramadhan

KIAT-KIAT MENGHIDUPKAN BULAN RAMADHAN


Kehidupan umat manusia di dunia ini hanya sebentar, apalagi umatnya Nabi Muhammad. Meskipun demikian, Allah telah memberikan berbagai keistimewaan kepada umat Nabi Muhammad Saw. Di antaranya adalah kesempatan untuk meraih pahala dan kebaikan yang nilainya berlipat ganda. Nilai kebaikan yang paling tinggi Allah berikan ketika malam “lailatul qadar”. Malam ini lebih mulia dari seribu bulan. Artinya adalah umat Nabi Muhammad bisa meraih pahala selama 83 tahun hanya dalam semalam. Selain itu Allah memberikan kesempatan yang luar biasa untuk mengumpulkan nilai kebaikan pada bulan ramadhan.
Oleh karena itu, sudah sepantasnya bagi umat islam untuk memanfaatkan bulan ramadhan dengan amal kebaikan. Ada beberapa amalan baik sunnah yang sangat dianjurkan oleh Allah, yaitu:

1) Menjaga hati, pikiran, lisan dan anggota badan lainnya.
Nabi Muhammad Saw. bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim: “Siapa yang berpuasa karena beriman dan semata mengharap ridha Allah, niscaya dosanya yang telah lalu akan diampuni oleh Allah”. Sedangkan dalam hadis Imam Bukhari dikatakan: “Siapa yang tidak menahan diri dari ucapan kotor dan perbuatan jelek, maka Allah tidak akan memberinya pahala / ridha meskipun dia lapar dan haus”.

2) Shalat tarawih
Dikatakan dalam hadis Bukhari dan Muslim: “Siapa yang menunaikan qiyamul lail pada bulan ramadhan karena iman dan mengharapkan ridha Allah maka akan diampuni dosanya yang lalu”. Dan dalam hadis lain dikatakan: “Siapa yang shalat tarawih bersama imam hingga selesai, maka ia akan mendapatkan pahala semalam penuh” (HR. Abu Daud, At-Tirmidzi, An-Nasai dan Ibnu Majah).

3) Bersedekah
Dalam hadis at-Tirmidzi dikatakan bahwa “Sebaik-baik shadaqah adalah di bulan Ramadhan”. Dalam hadis lain dikatakan juga bahwa: “Siapa yang memberi makan / minum kepada orang yang berpuasa, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa tersebut tanpa berkurang sedikitpun”.

4) Tadarus (mengkaji) al-Quran
Malaikat memperdengarkan bacaan al-Quran (talaqqi) kepada Nabi Muhammad pada bulan Ramadhan. Orang-orang shalih senantiasa membaca / tadarus al-Qur’an hingga khatam berkali-kali pada bulan ini. Maka sudah sepantasnya bagi kita untuk senantiasa membaca al-Qur’an juga karena Allah akan melipatgandakan pahalanya.Rasul pernah bersabda bahwa orang yang sering membaca al-Quran maka rumahnya akan bercahaya atau dipenuhi berkah dari Allah.

5) I’tikaf
I’tikaf adalah berdiam diri di dalam masjid dalam keadaan suci dengan niat mendekatkan diri kepada Allah. Aktivitas yang dilakukan oleh orang yang beri’tikaf adalah ibadah, seperti baca qur’an, shalar, dzikir, dll.

6) Memperbanyak dzikir dan berdoa.
Dzikir artinya mengingat Allah. Dzikir ini sebenarnya harus selalu dilakukan oleh seorang yang beriman di setiap detiknya tanpa lalai. Apalagi pada bulan Ramadhan, umat islam sangat dianjurkan untuk meningkatkan kualitas dzikir dan memperbanyak doa.

“Selamat menjalankan ibadah puasa”

Tidak ada komentar: