Senin, 08 September 2008

Merubah Paradigma

RUBAH PARADIGMA

“Bukalah pikiran Anda untuk selalu terbuka terhadap perubahan yang konstruktif, sambutlah perubahan itu”

Jika kita menginginkan kemajuan, maka perubahan merupakan sebuah keharusan. Manusia yang ingin berubah harus memiliki keberanian. Tanamkan keyakinan yang kuat dalam diri, dalam hati, dalam pikiran.
Stephen R. Covey menyatakan:
“Jika anda menginginkan perubahan kecil garaplah perilaku anda: jika anda menginginkan perubahan besar dan mendasar, garaplah paradigma”.
Manusia sebagai mahluk yang terus membutuhkan belajar (learning creature), harus bisa membawa dirinya kea rah perubahan. Siapa saja yang tidakl pernah mengalami perubahan maka dia telah mati. Siapa yang tidak mengalami perubahan berarti maka dia telah gagal sebagai manusia pembelajar. Karena inti dari belajar adalah perubahan.

Di antara penyebab yang menghambat laju perubahan adalah paradigma. Setiap manusia pasti memiliki paradigma sendiri, yang tersusun berdasarkan masa lalu dan pengalaman hidupnya. Paradigma yang anda miliki membuat anda menjadi hidup, merasa berarti dan lebih bermanfaat. Paradigma juga bisa membatasi anda dan kemajuan anda. Paradigma akan berfungsi seperti karang semen yang melekat pada pikiran dan hati kita. Jika kerangka berfikir tidak mengakui keberadaan perubahan, kita akan terbatasi pada setiap perubahan yang harus dilakukan. Akibatnya, paradigma dapat menyembunyikan kesempatan untuk berubah.

Jangan pernah takut untuk berubah kawan!
“Anda adalah apa yang anda bayangkan untuk menjadi apa kelak” (Kurt Vonnegurt)
Sekarang, renungkan diri Anda. Siapkah Anda untuk berubah kea rah yang lebih baik? Jika Anda sudah siap, maka buatlah Visi Anda ke depan. Jangan takut untuk melejitkan cita-cita. Tulislah cita-cita Anda, bahkan ucapkan dengan lantang. Teriakkan Visi Anda jika perlu.
Jika Anda memiliki harapan, maka Anda akan berusaha keras untuk meraih harapan itu. Maka harapan adalah motivasi Anda. Jika harapan Anda rendah maka usaha Anda akan lemah, namun jika Harapan Anda tinggi namun realistis maka usaha Anda akan tinggi. Apalagi jika harapan itu taruhannya adalah harga diri, maka Anda akan berupaya dengan berbagai cara untuk meraihnya, sebagai pertanda bahwa Anda dapat menjunjung tinggi harga diri Anda.
“Selamat Berubah”

Tidak ada komentar: